Dunia Teknologi Informasi

Jumat, 22 April 2011

Strategi Bisnis Toko Online :

Membuat toko online mungkin nantinya semua orang bisa secara mandiri. Memajang produk ke web toko online secara mandiri, mengiklankan secara mandiri. Namun ada beberapa kepentingan rantai distribusi yang perlu dikuasai, yang mungkin setiap produk  mempunyai karakteristik yang berbeda.
Perbedaan karakteristik dari faktor logistik dalam rantai toko online antara lain:

  1. Produk Furniture, secara umum barang berukuran besar, berat namun sebagian riskan terhadap kerusakan faktor ruang, misal karena hasil perakitan, modifikasi.
  2. Produk Peralatan Fitness, Mebeler susun. Membutuhkan proses perakitan di tempat lokasi setelah sampai.
  3. Bahan Kimia, mempunyai penolakan tinggi di perusahaan pengiriman, menuntut pengemasan yang standar, dan surat-surat jaminan dari pihak berwenang, sebagian besar memiliki kandungan racun, mudah tumpah, memuai, berbau.
  4. Software, mempunyai karakteristik bahwa mudah diduplikat, bernilai tinggi, resiko dicuri dan kadang intalasi  bergantung pada platform atau mungkin hardware
  5. Barang pecah belah, resiko pecah, tergoncang dll

Nah dari sebagian yang diatas, maka pengusaha toko online sebelum memajang barang tersebut perlu mencari informasi tentang rantai logistiknya, misal :
Menjalin kerjasama dengan perusahaan pengirim, dan dapatkan informasi sebagai berikut:

  • Biaya dan faktor yang mempengaruhi biaya
  • Syarat pengepakan
  • Produk yang dilarang dikirim lewat udara
  • Solusi pengiriman lewat jalur kapal, darat
  • Solusi alternatif carter kendaraan
  • Perbedaan waktu tempuh untuk berbagai wilayah
  • Waktu strategis untuk wilayah tertentu, misal ke di pedalaman Papua hanya ada beberapa  penerbangan tiap bulan atau minggu, cari harinya dan perhitungkan dengan jadwal pengiriman anda, agar tidak habis di waktu tunggu di lokasi transit
  • Beda negara, bisa beda persyaratan untuk produk tertentu, misal ada negara yang menolak barang yang tidak mempunyai logo/standar/surat/bukti formal ramah lingkungan
  • Metode pelacakan saat pengiriman, elektronik atau manual atau tanpa bisa dideteksi
  • Asuransi dan klaim asuransi untuk produk tertentu
  • dll
Semua ini bisa diserahkan kepada staf atau pihak ketiga, dan pengusaha pun tidak perlu pusing dengan informasi-informasi di atas, karena bisa bersifat teamwork, namun toko online besar dunia, mempunyai penguasaan atas informasi tersebut dengan baik dan terdata
Alasan kenapa menguasai faktor logistik?

  1. Prediksi yang akurat, lambang profesioanalisme
  2. Memuaskan pelanggan selain produk, juga jaminan waktu
  3. Memuaskan pelanggan selain produk, yaitu rasa tenang karena kualitas pengepakan, metode pengiriman
  4. Memacu pada perkiraan biaya yang variabel namun tetap profit able
Demikian di atas gambaran faktor logistik dalam toko online jika akan memasuki pasar yang semakin luas.  Semua di atas saya tulis dengan mengalir, mungkin kedepan ada sedikit perubahan untuk update.

0 komentar:

Posting Komentar