Tips Perawatan Wajah Usai Berolahraga

Kamis, 07 Juni 2012
Rajin berolahraga tentu baik untuk kesehatan tubuh. Tapi jangan lupa tetap memperhatikan perawatan kulit agar terhindar dari iritasi dan gangguan kulit. 

Jerawat atau gangguan kulit bisa terjadi pada orang yang sering berolahraga. Penyebabnya, keringat yang muncul saat berolahraga bercampur dengan minyak dari make up, sisa kulit mati, atau bakteri sehingga menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. 

Selain menggunakan pakaian yang menyerap keringat dan anti bakteri, beberapa langkah perawatan kulit juga wajib dilakukan. Selain tubuh yang sehat Anda juga bisa memperoleh kulit yang cerah. 

Menyeka Keringat 

Menggunakan handuk untuk menyeka keringat pada saat olahraga tentu tidak dilarang. Tapi pastikan Anda melakukannya dengan benar. Tepuk-tepuk lembut dengan handuk bagian kulit yang berkeringat. Jangan seka dengan kasar kulit Anda. Perilaku ini bisa menyebabkan iritasi dan kerusakan pada kulit. 

Hindari menggunakan tangan saat menyeka keringat untuk menghindari berpindahnya kuman dari tangan ke wajah. Jika memungkinkan gunakan dua handuk yang berbeda untuk menyeka wajah dan tubuh. 

Bersihkan Make Up 

Sebelum mulai berolahraga, sebaiknya bersihkan make up yang menempel pada wajah Anda. Make up yang menempel ketika bercampur keringat bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Kondisi ini bisa menyuburkan tumbuhnya komedo dan jerawat pada wajah Anda. Lagipula tidak semua produk make up bisa bertahan lama ketika bercampur keringat. Pada akhirnya, wajah Anda malah tampak kurang menarik karena make up yang berantakan. Make up Anda juga rentan luntur saat menyeka keringat dari wajah dengan handuk. Hasilnya handuk Anda akan terlihat kotor dan wajah Anda terlihat belepotan karena usapan handuk yang merusak make up. 

Bersihkan Tubuh 

Usai berolahraga bersihkan diri dengan sabun yang mengandung anti bakteri sekaligus pelembab. Pastikan Anda menjangkau lipatan-lipatan tubuh agar bersih dari bekas keringat dan kuman. 

Jangan lupa bersihkan wajah Anda dengan tuntas usai berolahraga. Gunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit dan jangan seka kulit terlalu keras. Keringkan dengan menepuk lembut handuk pada wajah. Gunakan pelembap yang mengandung tabir surya jika Anda akan pergi beraktivitas. 

Minum Air yang Cukup 

Jaga kelembaban tubuh dengan minum air yang cukup. Saat berolahraga temperatur tubuh semakin meningkat dan kondisi ini meningkatkan risiko terjadinya gangguan kulit. Selalu bekali diri dengan air putih saat berolahraga. 

0 komentar:

Posting Komentar